UUD Baru Yang Sangat Yahudi
Catatan Harian, Internasional, Terbaru

UUD Baru Yang Sangat Yahudi

Oleh: Dahlan Iskan

Israel punya undang-undang dasar baru. Sejak 19 Juli lalu. Intinya: Israel itu negara Yahudi. Untuk orang Yahudi yang beragama Yahudi.

Geger.
Di dalam negeri.
Di luar negeri.

Kok di zaman modern seperti ini lahir negara jenis itu: hanya untuk ras tertentu yang beragama tertentu.

Jadilah Israel negara yang paling rasialis. Negara Vatikan memang hanya untuk Katolik. Tapi Katolik dari ras apa pun. Banyak negara Islam lahir: tapi tidak untuk satu ras tertentu.

Ini, Israel itu, hanya untuk agama Yahudi dari ras Yahudi. Rasnya Nabi Ibrahim dari istri yang Sarah.

Parlemen Israel memang dikuasai ekstrim kanan. Sebagian orang Israel sendiri malu: kok jadi negara apartheid seperti ini.

Tapi UUD itu sudah sah. Sudah berlaku pula.

Protes dan oposisi hanya jadi angin lalu.

Ada 20 persen suku Arab di Isreal. Sebagian besar beragama Islam. Sebagian lagi Kristen. Tidak dianggap berarti. Apalagi yang beragama Druze. Yang hanya dua persen.

Tapi orang Druze tidak tahan. 20.000 orang Druze turun ke jalan. Dua hari lalu. Memprotes UUD itu.

Tentu banyak juga kelompok lain yang protes. Tapi protesnya Druze menarik perhatian.

Mengapa?

Druze adalah kelompok minoritas yang paling dekat Yahudi. Juga paling taat pada pemerintahan Yahudi. Kebijakan Israel apa pun tidak pernah ditentang. Loyal.

Agama Druze dulunya Islam. Disebut satu aliran dalam Islam. Tapi kemudian dimusuhi oleh Islam. Dianggap sesat. Lantas menamakan dirinya menjadi agama sendiri. Agama Druze. Agar tidak lagi dimusuhi Islam. Mirip agama Baha’i. Yang dulu juga hanya satu aliran dalam Islam. Saya tahu itu: beberapa teman asing saya beragama Baha’i.

Sudah begitu loyalnya Druze ke Israel. Pun diabaikan. Kini orang Druze dianggap warga kelas dua juga. Dianggap sama dengan orang Israel-Arab. Yang dianggap tidak loyal dengan keberadaan Israel.

Padahal, sebelum lahirnya UUD baru ini orang Druze tidak dianggap beda: bisa jadi tentara Israel, anggota legislatif dan tenaga profesional.

Kini penganut Agama Druze sekitar 2 juta orang. Terbanyak di Syiria. Lalu Libanon. Lantas Israel.

Dalam Islam agama Druze ini mirip aliran tasawuf. Mengajarkan jalan menuju Tuhan lewat tiga tingkatan: lahiriah, batiniah dan batinnya batiniah. Mirip tingkatan syariat, hakikat dan ma’rifat. Tapi ada campuran Yahudi, Kristen dan Hindunya.

Setelah ditolak sebagai Islam, Druze kian jauh dari Islam. Mereka mengakui Al Quran tapi tidak mau mengajarkannya. Kata mereka: ”Qur’an itu rahasia Tuhan. Tidak ada manusia yang bisa benar-benar memahaminya”.

Yang mereka ajarkan adalah kitab Al Hikmah. Yang bersumber dari Quran. Yang ditulis oleh pimpinan awal mereka: Al Hakim.

Mereka percaya Al Hakim akan kembali ke dunia. Kelak. Dekat-dekat kiamat. Semua penganut agama Druze akan bangkit bersama Al Hakim.

Mereka akan berkumpul di padang luas di Tiongkok. Untuk berangkat menguasai dunia.

Salatnya Kamis malam. Panutan utamanya Nabi Syuaib.

Kalau dalam Islam ada lima nabi utama, di Druze ada tujuh: Adam, Nuh, Ibrahim, Syuaib, Musa, Anak Syuaib (maksudnya: Isa Al Masih atau Jesus), Muhammad.

Masjid mereka disebut Khalwat. Cerai itu haram. Sunat tidak perlu. Tidak boleh murtad.

Di awal kelahirannya dulu Druze dimusuhi Sunni. Dianggap Syiah. Kemudian dimusuhi Syiah. Dianggap Sunni-Hanafi.

Setelah secara agama ditolak oleh Islam kini secara ras mereka ditolak oleh Israel. Jadilah mereka minoritasnya minoritas.

Tapi keyakinan ternyata tidak bisa mati.(dahlan iskan)

August 7, 2018

About Author

dahlan iskan


23 COMMENTS ON THIS POST To “UUD Baru Yang Sangat Yahudi”

  1. Menarik untuk di simak kisah selanjutnya..selama ini israel cukup ‘berhasil’ dengan segala propaganda nya..

  2. Terimakasih pak, saya baru tahu ada 2 “alumni” Islam itu. Pelajarannya: kalau yg beda sedikit dipaksa sama, bisa jd malah makin beda. Soal israel memang sdh lama seluruh dunia diabaikannya.

  3. Habis manis, sepah dibuang. Druze sudah dikerjain selama hampir satu abad. Setelah itu disembelih juga.

  4. Islam sesungguhnya hanya satu yg diajarkan rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan difahami sahabat beliau.. Pemahaman orang yg ditokohkan di masyarakat yg berbeda2 yg menyebabkan terjadinya banyak sekte atau aliran dalam Islam. Begitu juga dengan ajaran nabi musa dan isa hanya satu akan tetapi akibat ulah sebagian manusia yg dikatakan di qur’an menjual agamanya dengan sedikit dari dunia shg timbul banyak sekte.. Wallahu a’lam

  5. berkaca dari pengalaman druze jadi semakin yakin agama islam adalah agama yang benar. Dan memang dari dulu kita udah diingatkan bahwa yahudi agama2 lain tidak akan senang ke islam itu sebelum kita pindah ke agama mereka. Druze yang loyal banget ke yahudi malah ndak dianggap juga sekarang.

    Berarti selain agama yahudi di Israel adalah orang ilegal ya bah?

  6. Tertarik dengan berita batery lithium akhirnya menemukan DI’S Way….. terimakasih Pak DI yang mau berbagi… tambah semangat dan semakin bermanfaat untuk kedamaian dan kemajuan bersama….
    Soal Yahudi memang kita tidak bisa banyak bicara Pak…. itu kedaulatan Tuhan… tapi keyakinan saya mengatakan bahwa bangsa ini adalah cerminan kehidupan seorang manusia… saat taat maka pintu berkat senantiasa terbuka … namun saat sesat maka pintu sengsaralah yang telah menunggu untuk dilewati…
    Gb us…..

  7. Abah, Mohon dijelaskan, kira-kira Apakah akibat dari berlakunya UU tersebut ?
    Terutama untuk warga di luar Agama dan Ras Yahudi.
    Apakah akan kehilangan hak politik, pekerjaan atau bahkan tidak boleh tinggal di wilayah Yahudi ?
    Mohon informasinya ya Abah, Terima kasih.

  8. asyiik skrng sudah ada disway apps.. saya sedang baca artikel ini pakai apps. Lebih mak nyus dan cepet loadingnya drpd akses web.

    Maju terus disway !

  9. Kirain mau bahas negara paling rasialis dan apartheid (tapi gak ada yg berani melawan, paling cuma protes).
    Pernah dengar tentang agama druze ini, baru skarang lebih tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email:likedisway@gmail.com

Follow me on Twitter
Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,675 other subscribers

EnglishIndonesian
%d bloggers like this: