Raja Agong Hilang di Balik Ratu
Catatan Harian, Humaniora, Terbaru

Raja Agong Hilang di Balik Ratu

Oleh Dahlan Iskan

Sangat rahasia tapi bisa ditebak.

Ada ratu kecantikan Russia di balik sejarah itu.

Yang bikin sejarah adalah Raja Di Raja Malaysia: Sultan Muhammad V.
Mengundurkan diri dari jabatan Yang Dipertuan Agong Malaysia. Tanpa alasan. Atau sangat dirahasiakan.

Tapi media sosial tidak sungkan-sungkan: itu ada kaitan dengan ratu kecantikan Russia. Namanya: Oksana Voevodina. Umur 26 tahun. Menjadi ratu kecantikan tahun 2015 lalu.

Nama asli putri itu: Rihana Oxana Gorbatenko. Tapi panggilan keratuannya lebih simple: Oksana Voevodina.

Sultan Muhammad V sendiri sekarang berumur 49 tahun. Duda. Dari kesultanan Kelantan. Istananya di Kota Bahru. Berbatasan dengan Pattani, Thailand.

Waktu saya seminggu di Malaysia bulan lalu rumor itu sudah beredar: Yang Dipertuan Agong kawin dengan ratu kecantikan Russia.

Asapnya datang dari teka-teki: ke mana Sultan Muhammad V. Kok lama tidak muncul. Hampir dua bulan. Padahal ialah yang lagi dapat giliran menjadi Yang Dipertuan Agong. Sejak tahun 2016 lalu.

Begitu lama pimpinan tertinggi Malaysia itu tidak berkabar. Padahal baru dua tahun Agong dalam jabatannya itu. Yang seharusnya lima tahun.
Akhirnya beredar berita yang kian keras: Sultan Muhammad V kawin dengan ratu kecantikan itu. Tanggalnya pun jelas: 22 Nopember lalu.
Tempat perkawinannya juga jelas: di Barvikha. Dekat Moskow. Di sebuah Decha. Semacam vila gaya Russia.

Barvikha memang terkenal sebagai daerah peristirahatan. Letaknya di pinggir Barat Moskow. Tidak jauh dari jalan utama menuju Belarus. Banyak sekali Decha di sana. Orang-orang kaya Russia membeli Decha sebagai rumah kedua.

Presiden Putin juga sering beristirahat di daerah ini.

Dan Sultan Muhammad V ternyata juga di sana. Selama masa menghilangnya.

Memang pengunduran diri itu tidak akan menimbulkan dampak apa-apa. Tidak akan terjadi krisis konstitusi. Hanya muncul persoalan kecil: kalau Sultan Muhammad V juga mundur sebagai Sultan Kelantan.

Apakah jabatan Yang Dipertuan Agong berikutnya sesuai dengan gilirannya: Sultan Pahang. Atau tetap Sultan Kelantan, pengganti Sultan Muhammad. Untuk menghabiskan sisa ‘jatah giliran Kelantan’ tiga tahun lagi.

Tapi kelihatannya Sultan Muhammad tidak akan mundur dari kesultanan Kelantan. Walhasil: Sultan Pahanglah yang segera jadi Agong berikutnya.
Memang tetap rahasia: bagaimana kisah cinta sang Sultan. Tapi hak ia sebagai duda. Yang masih 49 tahun. Dengan kekayaannya yang besar. Dan kedudukannya yang tinggi.

Oksana sendiri putri seorang dokter di sana. Spesialis ortopedi. Yang awalnya berkarir sebagai model. Kuliah ekonomi sampai lulus. Di Universitas Plekhanov. Sebuah universitas tua (1907) yang sangat prestisius di Russia. Yang terkenal sebagai pusat riset banyak hal.
Lalu ikut ratu kecantikan. Terpilih. Cerdas dan cantik. Cantik dan cerdas.

Tapi kelihatannya bukan ratu jenis Miss World atau Miss Universe. Saya coba telusuri. Tidak ada nama itu. Terutama di pemilihan keduanya. Wakil-wakil Russia bukan dia.

Sultan Muhammad kini bikin dua sejarah. Pertama terjadi ada Agong yang mengundurkan diri. Sebelumnya pun sudah bikin sejarah: Agong yang tidak punya permaisuri.

Saat dilantik sebagai Agong ia memang sudah dalam status duda. Setelah bercerai dengan isteri pertamanya: putri Thailand. Namanya: Kangsadal Pipitpakdee. Setelah kawin dengan Sultan Muhammad berganti nama dengan Tengku Zubaidah.

Dia putri Sultan Pattani, kesultanan di Thailand Selatan.

Perkawinan itu hanya berlangsung 4 tahun. Cerai di tahun 2008. Tidak punya anak.

Berarti sudah 10 tahun Sultan Muhammad menduda. Bahkan sempat dirumorkan akan kawin dengan Nurul Izzah. Putri sulung Anwar Ibrahim.
Yang politisi muda Pakatan Harapan itu.

Yang bulan lalu jadi berita besar: mengundurkan diri dari segala jabatan partai. Termasuk dari wakil presiden partai dan ketua DPW. Ngambek. Akibat begitu banyaknya kritik: mengapa di koalisi yang berideologi reformasi ini ayah-istri-anak memegang posisi kunci di partai.

Mundurnya Nurul Izzah lebih punya dampak politik daripada Mundurnya Agong.

Tapi siapa yang tidak tertarik dengan perkawinan raja dan ratu ini: Raja Malaysia dan Ratu Kecantikan Russia.(dahlan iskan)

January 8, 2019

About Author

dahlan iskan


21 COMMENTS ON THIS POST To “Raja Agong Hilang di Balik Ratu”

  1. Pria 49 tahun VS blonde 26 tahun, ratu kecantikan pula. Mana bisa disambi jadi raja, jadi kepala negara, jadi presiden. Dua bulan ngga cukup. Dua tahun minimal konsentrasi ke itu aja, wkkkk …

  2. Di Indonesia biasa tuh,suami,istri,anak,pak de(bukan Pipitpakdee loh),ramai ramai di jabatan publik,satu gerbong.

  3. sultan pahang sudah uzur sehingga tidak memungkinkan. kemungkinan sultan johor yang Naik. dapat lawan lah mahathir 😁

  4. Sultan Muhammad V ini sangat sadar akan dampak tidak baik bagi negaranya kalau dia tetap keukeuh mempertahankan jabatannya sebagai Agong.
    Kalau saya salut untuk sultan ini.

  5. congratulation, what a wonderful momment at that time. Marriage is sunnah and compulsory for Moeslim who has capabilty in Iman, Islam and Ikhsan. Suppose you are a good Moeslim. Then you have opportunity to control a very big business, you are called CEO. But you are widower. You are an ambitiuous man, very strong and unbeatable person, like Iron Man. But I am sorry I have to say that you miss one thing you are lack of happiness bacause you are lonely, no relationship, worries about your future life. What a heck.
    Leave your samsara, go in peace, build your family and share your inspirational life to other people. All of those will make your life more useful and be blessed by Allah. Thanks Abah DI for share sotory about this article, makes me get inspration who has been chosen in the big party this year, not yesterday πŸ˜€πŸ˜

  6. orang kaya mah bebas….Siapa bilang uang tidak bisa membeli kebahagiaan, buktinya jika dalam jumlah yang sangat super besar, bisa banget…bisa beli mahar ratu kecantikan Rusia Lagi…apalagi beli apem yang hanya 80 juta atau paling murah 25 juta….bisa banget, πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£

    tapi pipitpakdee belum beruntung, padahal Dia juga cantik dan cerdas, keturunan raja pula, mungkin “Senjata” yang Agong busung…..tidak berisi alias Hampa alias Mandul alias Invertil, mungkin saja…..πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£

  7. Menurutku pilihan yg tepat… mundur dari dipertuan agung… konsentrasi mencari keturunan…. sugeng sehat abah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email:likedisway@gmail.com

Follow me on Twitter
Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4,826 other subscribers

EnglishIndonesian
%d bloggers like this: