Gadis Cirebon
17 September 2019
Oleh : Wirahadikusumah
Namanya Claudia Emmanuela Santoso. Dia tak hanya menggegerkan panggung The Voice of Germany. Suara emasnya juga menghebohkan jagat dunia maya.
 
Hingga Minggu (15/9), netizen terus memperbincangkannya. Padahal dari Jumat (13/9), videonya sudah ada di kanal YouTube The Voice of Germany.
 
Videonya sampai dengan Minggu (15/9) pukul 13.00 WIB, menjadi trending nomor 2 di YouTube. Lebih dari tiga juta kali ditonton. Dengan 17 ribu komentar.
 
 
Tak hanya itu, Instagramnya @audi_emmanuela juga diserbu puluhan ribu netizen. Bahkan beberapa artis Indonesia seperti Baim Wong, Aura Kasih, dan mantan penyanyi cilik Leony ikut menyukai postingan Claudia. 
 
Baim Wong juga sempat berkomentar di Instagram Claudia. ”Hey you. I am posting your video. Congrats. Be number one. Represent Indonesia. We love you...Argghh Go Indonesia,” tulis Baim Wong. 
 
Claudia memang seakan membius semua yang menonton performance-nya. Termasuk empat juri The Voice of Germany: Alice Merton, Sido, Rea Garvey, dan Mark Foster.
 
Tak perlu menunggu waktu lama, empat juri itu langsung memencet tombol ”I Want You”. Untuk membalikkan kursi mereka. Ketika mendengar Claudia bernyanyi. Di babak Blind Audition The Voice of Germany itu.
 
Empat juri itu juga langsung standing ovation. Ketika Claudia selesai menyanyikan soundtrack film The Greates Showman Cast berjudul Never Enough.
 
Bahkan, Alice Merton yang akhirnya dipilih Claudia sebagai coach-nya sempat meneteskan air mata. Alice beranjak dari tempat duduknya menghampiri Claudia untuk memeluknya.
 
Apresiasi kepada Claudia di media sosial terus mengalir. Netizen ramai-ramai memuji penampilannya.
 
Seperti disampaikan Sylvia Kartika Wijaya di kanal YouTube The Voice of Germany. ”Jujur auto nangis waktu dengar dia nyanyi. Benar-benar pakai perasaan nyanyinya. Nyentuh banget di hati. Claudia kita percaya kamu bisa! You can do it! You have amazing voice! Never give up! Indonesia bangga punya kamu,” tulisnya.
 
Senada dituliskan Bimbi Satria. ”Selalu bangga ketika ada orang Indonesia yang membawa harum nama negara. Selama ini trending YouTube selalu berbau yang nggak penting! Tapi kali ini betul-betul luar biasa. Ayo guys, buat ini top 1!,” katanya.
 
Pendapat sama juga dituliskan Bagus Alifiansyah. ”Yang begini seharusnya dibanggakan. Suara (bakat) yang bagus, bukan yang hanya menunjukkan bentuk tubuh. Tapi skil,” ucapnya.
 
Lalu siapakah Claudia? 
 
Media massa memberitakan Claudia adalah gadis asal Cirebon, Jawa Barat. Usianya saat ini baru 18 tahun. 
 
Anak pertama dari dua bersaudara pasangan Indra Gunawan Santoso dan Christin Gunawan ini memang sedang menempuh pendidikan di Jerman. 
 
Dari kecil, Claudia sudah tertarik dalam dunia menyanyi. Dia kursus musik sejak usia empat tahun. Ibunya mengatakan, Claudia tak bisa tidur sebelum bernyanyi dan mendengarkan musik. 
 
Saya pun sempat menonton video Claudia itu. Penampilannya memang memukau. Terlihat dia sangat menjiwai lagu yang dibawakannya. Wajar jika yang mendengarnya terhanyut dengan suaranya.
 
Sama dengan netizen lainnya. Saya pun bangga dengan Claudia. Dia membuat Indonesia kian terkenal di dunia berkat penampilannya.
 
Teruslah berprestasi Claudia. Jangan kalah dengan Batik Trusmi dan Rengginang Cirebon yang lebih dulu Go International. 
 
Buktikan, kalau gadis Cirebon juga bisa mendunia. 
 
Congrats Claudia!(wirahadikusumah)
 
 
 
 
 
Baca Juga
Azrul Ananda
happywednesday.id

Azrul Ananda
happywednesday.id

About Author
Wirahadikusumah
Comments (15)