Jiplak Nama
11 September 2019
Oleh : Wirahadikusumah
 
Presenter Franda habis marah-marah di media sosial. Hasilnya: dia pun viral. 
 
Penyebabnya, salah seorang netizen memberi nama anaknya sama dengan buah hati Franda: Zylvechia Ecclesie Heckenbucker.
 
Franda tak terima. Nama anaknya itu sudah dipikirkannya sejak lama. Agar berbeda dengan yang lain.
 
Dia lantas mengirimkan pesan melalui direct message ke akun netizen @Zylvechia_kimberly. Yang menggunakan nama anaknya tersebut.    
 
”Seriously your baby doesn't deserve that name!!! Saya bikin sendiri nama itu, nggak cari dari buku atau manapun. Saya bikin sendiri. Berusaha cari nama bagus. Unik. Yang nggak ada orang punya buat anak saya,” tulis Franda. 
 
Franda kian sakit hati ketika mengetahui pun panggilan anak netizen itu sama dengan buah hatinya. 
 
”Terus kamu nyolong nama itu buat anak kamu yang umurnya nggak jauh dari anak saya. Plek setulisannya. Plek sepanggilannya. Dan kalian kelihatan bangga sekali. Ngerti nggak rasanya kaya apa sakitnya?” tulis Franda lagi.
 
Franda menyatakan, nama itu merupakan persembahannya untuk anaknya. Karenanya, dia mengaku kecewa dengan netizen tersebut.
 
”Sebagai orang tua pasti tahu kan rasanya pengen kasih terbaik buat anak kita? Nama Zylvechia itu persembahan saya buat anak saya. Berbulan-bulan waktu hamil berusaha bikin-bikin nama. Cari yang terbaik buat anak saya. Yang nggak ada orang punya. Terus kalian dengan gampangnya ambil gitu saja,” katanya.
 
Dikirimi pesan oleh Franda, netizen yang menamai anaknya sama dengan anak Franda mengungkapkan kekecewaannya. 
 
Melalui Insta Story-nya, ia mempertanyakan mengapa anaknya tak laik menggunakan nama seperti anak Franda.
 
”Serendah apa anak kami sehingga tidak laik memakai nama Zylvechia,” tulisnya.
 
Kebanyakan netizen menyesalkan sikap Franda itu. Mereka memenuhi kolom komentar di akun Instagram @Zylvechia_kimberly seraya menandai Instagram @Frandaaa87.
 
Seperti disampaikan @aliviachelsi. ”Harusnya kak @frandaaa87 bersyukur, berarti nama anaknya bagus dan terserah orang juga anaknya mau dikasih nama apa,” tulisnya.
 
Senada disampaikan @achiefalfia new. ”Kak @frandaaa87 harusnya bersyukur dong ada fans yang bela-belain nama anaknya sama. Berarti namanya baik untuk ditiru dalam hal positif. Artis tanpa fans bukan siapa-siapa lho kak. Aku saja terharu banyak yang doain untuk Adek ini,” katanya.
 
Penyesalan atas sikap Franda juga disampaikan @delfatma. ”Mau ngumpulin orang-orang yang lebih suka sama adek Vecia yang ini daripada Vecia yang emaknya sok anaknya yang paling keren. Yang cuma anak dia yang pantas dikasih nama itu. Hallo @frandaaa87, dari nge-fans elu jadi males dah,” tulisnya.
 
Persoalan peniruan nama ini mengingatkan saya dengan peristiwa yang terjadi pada Februari 2019. 
 
Kala itu ada seorang ibu bernama Lilly Wirahadikusumah mempertanyakan mengapa saya dinamai Wirahadikusumah. 
 
Pertanyaan wanita yang mengaku keponakan mantan Wakil Presiden RI Umar Wirahadikusumah itu disampaikan langsung di akun Facebook saya.
 
Menurut dia, Wirahadikusumah adalah nama kakeknya. Dan marga keluarga besarnya. 
 
”Ayah saya tertua. Almarhum Pak Umar Wirahadikusumah adalah adik kandung ayah saya nomor 6. Kami sangat menjaga sekali nama itu. Kalau bukan keturunan kakek saya, tidak ada yang boleh memakai nama Wirahadikusumah,” tulisnya.
 
Saya katakan kepada ibu itu, ayah saya pengagum almarhum Bapak Umar Wirahadikusumah. Sehingga saya dinamakan mirip dengannya.
 
Sebelumnya ayah saya memang pernah menjelaskan mengapa dinamai Wirahadikusumah. Alasannya karena kelahiran saya berjarak beberapa bulan saja dengan pelantikan Umar Wirahadikusumah sebagai wakil presiden.
 
Untung saja kala itu Ibu Lilly Wirahadikusumah tidak melabrak saya seperti yang dilakukan Franda. Dia juga tak sampai meminta saya berganti nama. Kalau tidak, saya pasti bingung mencari nama lagi. 
 
Bisa jadi, karena saking bingungnya, saya menamai diri: Wiro Sableng. Lho, belum asli juga. (Wirahadikusumah)
 
Baca Juga
Azrul Ananda
happywednesday.id

Azrul Ananda
happywednesday.id

About Author
Wirahadikusumah
Comments (54)