Kebetulan Mirip
06 September 2019
Oleh : Wirahadikusumah
Gambar: Freepik
 
Salah satu aplikasi asal Jerman mendadak tenar di negara ini. Itu karena namanya. Yang kebetulan mirip dengan sebutan alat kelamin pria dalam Bahasa Indonesia.
 
Nama aplikasi itu adalah: Kontool. (maaf bukan alat kelamin pria).
 
Gara-gara nama aplikasi itu, hastag #kontool menjadi salah satu trending topic di Twitter. 
 
Akun Facebook resmi perusahaan ini juga banyak ”diserbu” netizen Indonesia. Beragam komentar dituliskan di sana. 
 
Sadar akunnya banyak dikomentari netizen Indonesia, admin Facebook Kontool akhirnya memberikan klarifikasi. 
 
Begini bunyinya: ”Sambutan yang sangat hangat untuk orang-orang Indonesia. Terima kasih banyak untuk suka. Sekarang, kami sadar arti Kontool dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Jerman, artinya adalah perpaduan dari Konto (Bahasa Jerman: Akun) dan tool,” tulisnya.
 
Dalam klarifikasinya, perusahaan ini juga berencana mengganti nama aplikasinya jika nantinya masuk ke Indonesia.
 
”Ketika kami datang dengan produk kami ke pasar Anda…Saya pikir kita harus menemukan nama baru. Tapi pertama-tama kita harus menaklukkan pasar Jerman. Salam terbaik untuk Indonesia dari Berlin di Jerman,” tulisnya.
 
Klarifikasi itu kembali menuai ribuan komentar netizen Indonesia. 
 
Tengoklah di akun Facebook-nya. Saya menyakini, sebagian dari Anda ada yang tertawa ketika membaca ribuan komentar netizen Indonesia tersebut. 
 
Saya saja ngakak-ngakak sendiri ketika membaca komentar-komentar netizen Indonesia itu.
 
Seperti disampaikan Afif Abiyyuzaki Pradana. ”Hello kontool, I hope kontool is growing bigger and stronger (Halo kontool, saya harap kontool tumbuh lebih besar dan lebih kuat),” tulisnya.
 
Senada dituliskan Sumyandityo Noor. ”I hope you grow well, last long, and always able to satisfy your customers. (Saya harap Anda tumbuh dengan baik, bertahan lama, dan selalu dapat memuaskan pelanggan Anda),” katanya.
 
Komentar lainnya disampaikan Syihan Siregar. ”We send a best wish for you, kontool! Hope kontool can be bigger again and again! (Kami mengirimkan harapan terbaik untuk Anda, kontool! Semoga kontool bisa lebih besar lagi dan lagi),” ujarnya.
 
Juga netizen asal Indonesia lainnya Andie Manmanloi. ”Hi Sir, anytime you need a sales manager in Indonesia please hit me, would be nice if someday my father in law ask me where do I work in the middle of family dinner. (Hai Pak, kapan saja Anda membutuhkan manajer penjualan di Indonesia, silakan hubungi saya, akan menjadi kabar baik jika suatu hari ayah mertua saya bertanya di mana saya bekerja di makan malam keluarga),” komentarnya.
 
Kendati mendapat ”serbuan” dari netizen Indonesia, manajemen perusahaan tersebut sepertinya menyukainya. Pada Senin (2/9/2019), akun Facebook perusahaan ini mengucapkan terima kasih atas semua komentar tersebut.
 
”Guys from kontool are celebrating the viral wave during a fantastic weekend. Thanks for all the comments! We love you. (Teman-teman dari kontool merayakan gelombang viral selama akhir pekan yang fantastis. Terima kasih untuk semua komentar! Kami mencintaimu!),” tulisnya.
 
Lalu aplikasi apakah Kontool? Dikutip dari okezone.com, Kontool membuat aplikasi yang digunakan untuk konsultan pajak.
 
Kontool terdiri dari beberapa modul. Perbedaan dapat dibuat di sini. Antara modul konsultan pajak dan modul klien. Sebagai konsultan pajak, pengguna juga memiliki akses ke modul klien kapan saja.
 
Sebagai konsultan pajak, pengguna bisa menentukan klien mana yang diizinkan menggunakan Kontool.
 
Lalu, dalam tampilan analisis, pengguna memiliki semua klien dalam fokus sekilas. Ada juga modul untuk klien, di mana pengguna bisa masuk ke sistem pelaporan pribadi mereka melalui alamat email.
 
Dari berita itu, sudah jelas Koontol bukanlah alat vital pria. Juga bukan aplikasi khusus orang dewasa. Kebetulan saja namanya mirip dengan alat kelamin laki-laki dalam bahasa Indonesia. Sehingga menjadi viral di negara ini.
 
Saya yakin ini murni sebuah kebetulan. Bukan kebetulan yang diundang. Atau dijemput. Tapi memang kebetulan mirip. (wirahadikusumah)
Baca Juga
Azrul Ananda
happywednesday.id

Azrul Ananda
happywednesday.id

About Author
Wirahadikusumah
Comments (7)