04 January 2022
Inflasi Jatim Naik Empat Bulan Berturut-turut
Oleh : Salman Muhiddin
PEDAGANG Cabai di Pasar Keputran, Surabaya. Saat Natal dan Tahun Baru, harga cabai meroket.

JAWA TIMUR kembali mengalami inflasi pada Desember 2021 sebesar 0,46 persen. Angka itu tertinggi sepanjang dua tahun belakangan. Inflasi Jatim juga terus naik sejak September hingga Desember 2021. Berturut-turut mulai 0,11 persen, 0,18 persen, 0,35 persen, dan 0,69 persen. Dari Oktober ke November dan November ke Desember bahkan naik hampir dua kali lipat.

Inflasi terjadi karena kenaikan harga yang cukup tinggi. Itu ditunjukkan pada 11 kelompok pengeluaran. Pada Desember 2021, ada 8 kelompok pengeluaran saja yang inflasi. Sedangkan 2 kelompok lain deflasi dan satu kelompok lagi tidak berubah. “Kalau pada bulan sebelumnya, ada 9 kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi,” kata Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Timur Dadang Hardiwan, kemarin (3/1).

Kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi tertinggi mencapai 2,12 persen. Itu diikuti harga barang-barang pokok yang naik pada akhir tahun. Seperti cabai rawit, minyak goreng, telur, dan lain-lain. Bahkan harga cabai rawit naik hingga 140,52 persen pada Desember 2021. “Di momen Natal dan Tahun Baru memang selalu naik seperti itu,” kata Dadang.

Untuk membaca silakan mendaftar. GRATIS
DISWAY TERBARU
Sesal Ibu
Oleh : Dahlan Iskan

Sang ibu tidak menyangka teleponnyi itu menyebabkan dua polisi tewas. Anaknyi sendiri ikut mati.

27 Jan 2022
Merdeka Udara
Oleh : Dahlan Iskan

INDONESIA merdeka satu tahap lagi di awal tahun 2022 ini. Di zaman Presiden Jokowi ini.

26 Jan 2022
HARIAN DISWAY
Alim Markus Ikhlas, Alun-Alun Surabaya Bisa Tembus Jalan Pemuda
Oleh : Salman Muhiddin

Setelah 20 tahun bersengketa lahan, Pemkot Surabaya berdamai dengan PT Maspion

27 Jan 2022
Setelah Akbar Firmansyah, Aji Santoso Ingin Orbitkan Dicky Kurniawan ke Timnas
Oleh : Gunawan Sutanto

Aji Santoso ingin Dicky Firmansyah juga bisa menyusul Akbar mendapatkan panggilan timnas.

26 Jan 2022
Giliran Gelandang Muda Persebaya Akbar Firmansyah Dipanggil Timnas AFF U-23
Oleh : Gunawan Sutanto

Deretan pemain Persebaya yang dipanggil timnas kini bertambah. Kali ini nama Akbar Firmansyah mendapatkan panggilan untuk mengikuti training center (TC) Timnas AFF U-23

26 Jan 2022
HAPPY WEDNESDAY
Peacemaker Wkwk
Oleh : Azrul Ananda

Sebagai penggemar DC (di atas Marvel), akhirnya saya punya tontonan andalan baru. Serial yang tayang di HBO Max (di sini HBO GO), berjudul Peacemaker, dengan bintang utama John Cena

24 Jan 2022
Koh Hay Sang X-Men
Oleh : Azrul Ananda

Koh Hay usianya sudah 73 tahun. Sejak 2021 lalu, beliau seharusnya menjalani operasi lutut. Total knee replacement. Tapi orang yang satu ini memang anggota X-Men asli. Dia malah ikut event-event gowes. Bahkan baru saja gowes 1.100 km dalam seminggu, termasuk gowes Surabaya-Bali pulang-pergi.

18 Jan 2022
Banjir Jadi Genangan
Oleh : Azrul Ananda

Apa itu "puddle"? Menurut kamus bahasa Inggris, "puddle" artinya "a small pool of liquid, especially of rainwater on the ground." Kata kuncinya adalah "small" alias kecil. Kolam renang berisi air bukanlah genangan. Apalagi jalan besar yang lebarnya bermeter-meter dan tertutup air setinggi ban mobil.

11 Jan 2022

HARIAN DISWAY
MAIN MEDIA
VIDEO
Redaksi About Us Pedoman Media Siber Berlangganan