14 December 2018
Crazy Rich di Mana Saja
Oleh : Dahlan Iskan

Apakah 1212?
Bagi orang India itu 'Hari Crazy Rich Asia'. Versi India.

Itulah pesta perkawinan putri orang terkaya India. Atau terkaya nomor 38 dunia: Mukesh Ambani. Dari grup Reliance.

Perkawinan itu puncaknya tanggal 12 Desember kemarin. Diawali dengan pesta pre wedding. Selama dua hari. Tanggal 8 dan 9 Desember. Akan diakhiri tanggal 19 Desember nanti.

Nama pengantin wanitanya: Isha Ambani. Umur 27 tahun. Lulusan Stanford University California. Anak ketiga Mukesh Ambani. Satu-satunya perempuan. Diistimewakan.

Pengantin prianya: Anand Piramal. Umur 33 tahun. Lulusan Harvard University, Boston. Anak konglomerat India: Ajay Piramal.

Puncak perkawinan itu dilangsungkan di Mumbai. Di 'rumah' pengantin putri. Di Jalan Altamount. Kata rumah  saya beri tanda kutip. Saking tidak bisa dikategorikan rumah biasa. 'Rumah' Mukesh Ambani itu lebih tepat disebut tower. Tingginya setara dengan gedung 60 tingkat. Tapi hanya dibuat 27 lantai.

Ada tiga tempat pendaratan helikopter di atasnya.

Desainnya pun menjadi perhatian dunia. Meski saya tidak begitu suka. Rumah itu diberi nama Antilia. Nama sebuah pulau dalam legenda. Hanya untuk satu keluarga. Mukesh Ambani.

Waktu ke India dulu saya memerlukan ke Jalan Altamount itu. Ingin tahu rumah yang menghebohkan dunia: sejak sebelum dibangun.

Waktu saya ke situ bangunannya hampir jadi. Nama Antilia belum ditahbiskan. Biaya pembangunannya: Rp 14 triliun. (Baca tulisan Dahlan Iskan yang lebih lengkap tentang Antilia disini)

Biaya perkawinan ini pun pasti menghebohkan. Meski bisa saja nilainya dilebih-lebihkan medsos: 100 juta dolar. Setara Rp 1,4 triliun. Hampir sama dengan pesta perkawinan Lady Di dengan Pangeran Charles.

Untuk prewed-nya saja misalnya: mencarter lima hotel berbintang lima. Di kota indah Udaipur. Yang juga digelari Kota Danau. Sekitar 800 km di utara Mumbai. Yang ketinggian kotanya 600 meter. Setara dengan Cipanas, Bogor.

Penyanyi top Amerika didatangkan: Beyonce. Untuk tampil dua hari.

Bintang-bintang Bollywood tumplek blek. Mulai dari Shah Rukh Khan sampai Priyanka Chopra. Salman Khan sampai Deepika Padukone. Heboh: Shah Rukh Khan joget bersama Priyanka. Digosipkan sampai jauh sekali. Padahal Shah Rukh Khan juga joget bersama istrinya: Gauri.

Hillary Clinton juga tampak hadir. Bahkan hadir lagi di puncak acara di Antilia.
Sampai Jumat dan Sabtu besok masih ada pesta. Untuk karyawan dari grup perusahaan Raliance. Lalu untuk karyawan grup Piramal.

Perkawinan ini mengingatkan saya pada peristiwa beberapa tahun lalu. Ketika Laksmi Mittal mantu. Orang terkaya ketiga di India. Pemilik pabrik baja terbesar dunia. Di banyak negara. Salah satunya pabrik baja Ispat Indo di Sidoarjo dekat Surabaya.

Waktu itu acaranya juga satu minggu. Tiga hari di India. Tiga hari lagi di Paris. Menyewa istana Versailles. Membawa pawang dari Surabaya. Agar Paris tidak hujan. Selama tiga hari.

Saya menulis cukup detail perkawinan menghebohkan waktu itu. Tapi entah di mana klipping korannya.

Mengikuti dua perkawinan itu saya ingat Surabaya. Ingat teman saya. Yang ingin mantu agak besar di Bali. Saking senangnya. Anak pertamanya menemukan jodohnya. Yang sudah bertahan-tahun selalu gagal. Selalu tidak jadi kawin. Sampai diselip dua adiknya.

Sialnya teman itu tidak pernah membaca koran. Atau nonton televisi. Waktunya habis untuk kerja, kerja, kerja. Tidak tahu kalau lagi dihebohkan. Karena ia merasa biasa saja.

Bukan besar-besaran. Apalagi sampai  pakai door prize Jaguar segala.

Teman itu jadi korban medsos. Yang kadang amat kejam. Apalagi dibumbui ucapan tokoh. Yang tidak ngecek apa yang terjadi sebenarnya.

Untung perkawinan itu tetap berlangsung. Kalau tidak, saya akan lebih iba: pada pengantin wanitanya.

Yang perempuan masyarakat biasa. Meski bukan main cantiknya. Betapa mujurnya dia: dilamar anak orang kaya. Pengusaha sawit.

Dari tidak bisa ke luar negeri menjadi prewed di lima negara.
Hampir boleh dikata inilah Cinderella. Di dunia nyata. (Dahlan Iskan)

Untuk membaca silakan mendaftar. GRATIS
DISWAY TERBARU
Gaging Faris
Oleh : Dahlan Iskan

Padahal, istri Faris, Yenny Wahid, tidak pernah melarang sang suami untuk aktif di politik. Faris sendiri yang insaf.

22 Oct 2021
Garuda Menyenangkan
Oleh : Dahlan Iskan

SOSOK Direktur Utama Garuda Indonesia itu begitu menyenangkan: tinggi, besar, kalem, dan sangat tenang. Pun di saat Garuda Indonesia mestinya berada di puncak kesulitan terbesarnya sekarang ini.

21 Oct 2021
Hari Bangkit
Oleh : Dahlan Iskan

Saudi Arabia sudah memperbolehkan salat di dekat Kakbah tanpa harus jaga jarak. Sejak Minggu Subuh lalu.

20 Oct 2021
HARIAN DISWAY
Kim Seon-ho Tinggalkan 2 Days & 1 Night  
Oleh : Retna Christa

Fans Kim Seon-ho tak bisa lagi menyaksikan kekonyolannya tiap pekan. Ia meninggalkan acara ragam populer 2 Days & 1 Night. Ah.. sedih!

21 Oct 2021
Pernyataan Kim Seon-ho Tentang Skandal Aktor K
Oleh : Retna Christa

SETELAH isu berkembang selama dua hari, Kim Seon-ho akhirnya mengeluarkan pernyataan melalui SALT Entertainment. Berikut isinya.

20 Oct 2021
Angelina Jolie, Gemma Chan, Salma Hayek Memukau di Premiere Eternals
Oleh : Retna Christa

SIAPA sudah tidak sabar nonton Eternals? Film terbaru Marvel Studios menggelar premiere kemarin pagi WIB. Para bintangnya hadir lengkap.

20 Oct 2021
HAPPY WEDNESDAY
Batman Produk Korupsi
Oleh : Azrul Ananda

Dunia terus berputar. Bintang musik baru akan lahir. Presiden baru akan hadir. Juga, Batman baru akan muncul. Batman dengan aktor berbeda, sutradara berbeda, sisi hidup berbeda, dengan musuh yang sama tapi dengan angle berbeda. Selamat datang di dekade baru ini.

19 Oct 2021
Vaksin atau Hilang Gaji
Oleh : Azrul Ananda

Liga basket paling bergengsi di dunia, NBA, sedang menghadapi tantangan urutan kepentingan tersebut. Tepat menjelang berlangsungnya musim 2021-2022 ini. Kasusnya terjadi pada dua tim, Philadelphia 76ers dan Brooklyn Nets. Kebetulan, dua-duanya tim dengan sejumlah bintang, sama-sama kandidat juara di akhir musim.

12 Oct 2021
DBL Effect di PON Papua
Oleh : Azrul Ananda

DBL Indonesia punya andil besar di cabor basket di PON Papua. Menurut statistik yang dikumpulkan teman-teman, sebanyak 63 persen pemain basket yang tampil di PON Papua adalah alumnus DBL.

05 Oct 2021

HARIAN DISWAY
MAIN MEDIA
VIDEO
Redaksi About Us Pedoman Media Siber Berlangganan