Putri Huawei Ratu KFC
Catatan Harian, Internasional, Terbaru

Putri Huawei Ratu KFC

Oleh: Dahlan Iskan

Konflik Tiongkok-Amerika  merembet ke mana-mana. Ke Tibet pula. Minggu lalu.

Kongres Amerika membuat keputusan. Dengan suara bulat bumi. Tidak satu suara pun absen. Apalagi menetang: Tiongkok harus membolehkan warga Amerika berkunjung ke Tibet.

Termasuk warga Amerika yang imigran dari Tibet. Para pengikut Dalai Lama. Yang sejak dulu ingin Tibet merdeka.
Amerika merasa diperlakukan tidak adil. Warga Tiongkok boleh ke Amerika. Ke daerah mana saja. Warga AS boleh ke Tiongkok dengan ‘kecuali’ . Kecuali Tibet.

Sebenarnya tidak ada larangan khusus itu. Siapa saja bisa ke sana: asal mengajukan izin dulu. Hanya saja izin tidak akan keluar: untuk yang dianggap akan melakukan provokasi.

Tidak hanya warga Amerika. Warga mana saja. Pun warga Tiongkok sendiri. Harus mengantongi izin khusus. Bila ingin ke sana. Tibet dianggap masih rawan konflik. Oleh gerakan Dalai Lama. Yang ingin merdeka.

Izin seperti itulah yang membuat saya belum pernah  ke Tibet. Bukan dilarang. Tapi saya belum pernah mencoba mengajukan izin.

Saya sih yakin pasti diizinkan. Tiongkok berkepentingan memperbanyak turis ke Tibet. Ekonomi Tibet harus hidup. Hotel-hotel baru harus terisi. Penerbangan ke Lhasa ditambah terus. Resto-resto baru seperti wabah. Harus ada yang makan di situ.

Kereta cepat jurusan Tibet harus terisi. Begitu mahal ya membangun kereta tersebut. Harus dengan konstruksi khusus. Di atas pegunungan yang selalu bersalju. Yang tingginya di atas 4 ribu meter. Kereta api tertinggi di dunia.

Sebenarnya saya ingin sekali. Merasakan naik kereta ke Tibet ini. Ingin sekali. Termimpi-mimpi. Yang sampai dilengkapi dengan fasilitas oksigen. Yang meliuk-meliuk di pegunungan begitu tinggi.

Tapi waktu saya selalu mepet-mepet. Belum bisa jadi turis. Yang kalau pergi pakai perencanaan. Sejak jauh-jauh hari. Termasuk mengurus izin seperti itu.

Saya yakin masih akan sempat ke Tibet. Tiongkok sedang  ngebut membangun kawasan itu. Suatu saat pasti akan dibuka bebas. Kalau Tibet sudah semakmur propinsi lain.

Biarlah saya masih menyimpan utang ini: utang ‘kecuali’. Yakni sudah ke sudut Tiongkok yang mana pun, kecuali Tibet. Saya akan bayar ‘utang kecuali’ itu nanti.

Sejauh ini Amerika belum ikut mengungkit-ungkit soal Xinjiang. Yang gerakan ingin merdekanya juga meningkat.

Sejak Donald Trump jadi presiden Amerika. Merasa mendapat angin baru. Seperti juga Taiwan.

Tiongkok tentu sensi. Putusan  Kongres soal Tibet itu dianggap tidak adil. Dibandingkan dengan perlakuan Amerika kepada Israel.

Amerika, katanya, selalu menggunakan standar yang berbeda. Tergantung kepentingannya.

Dari hari ke hari konflik dua raksasa dunia ini kian liar. Ke banyak arah. Sampai wanita seperti Sabrina pun diurus. Ditangkap. Ditahan. Minta diekstradisi. Hanya karena dia bos besar Huawei. Putri pendiri Huawei Ren Zhengfei. Yang baru mengalahkan ratu Amerika: iPhone.

Bisa-bisa KFC pun akan terkena. Jadi sasaran balasan. Sebagai ratu bisnis Amerika di Tiongkok. Yang punya gerai lebih dari 4 ratus. Di semua provinsi. Termasuk Tibet.
Putri Huawei lagi jadi sasaran Amerika.

Ratu KFC bisa jadi korban tak berdosa. (Dahlan Iskan)

December 15, 2018

About Author

dahlan iskan


20 COMMENTS ON THIS POST To “Putri Huawei Ratu KFC”

  1. Seratus tahun yang lalu, perkelahian para raksasa menyebabkan perang dunia. Saa ini baru dua yang berkelahi. Semoga yang lain menengahi, bukan nimbrung. Supaya tidak ada perang dunia ketiga.

  2. Hukum kapitalisme. Akan selalu mencari bahan baku murah dan pasar. Saat yg dijadikan obyek mentok. Digunakanlah palu dan peluru.
    Strategi yg lebih halus. Menanam orang atau partai yg bisa dikendalikan.
    Abah strategi halus ini dinegri kita ada nggak….?

  3. Sejak zaman kho ping hoo hubungan pemerintah tiongkok dan tibet itu selalu pasang surut,apa lagi tibet merupakan negara agama yg di pimpin oleh pendeta lama,(dalai lama),yg proses pengangkatannyapun unik.yg jadi pertanyaan mengapa amerika bisa membuat aturan yg bisa memaksa negara lain,untung warga amerika tidak di larang ke makkah dan madinah,syaratnya cuman satu,orang amerika itu harus muslim,semoga suatu waktu ada yg bisa menandingi amerika,agar tercipta keseimbangan,dan PBB tdk “banci”lagi,sehingga semua negara punya suara yg sama nilainya,tanpa hak veto,trims.

  4. Jika perang dagang Tiongkok dan negerinya Via Vallen…pak Dahlan bisa bisa yang dilarang ke Tibet duluan …jika KFC jadi di ganti namanya di Tiongkok spt mart mart kita…maka Pak Dahlan resmi menjadi peramal yang berbasis data

  5. “Saya akan bayar ‘utang kecuali’ itu nanti.” Pembayaran hutang itu rasanya butuh beberapa koper bagasi njih Abah. Tukang angkat bagasi njenengan siap sewaktu waktu. Kapanpun..insyaAlloh

  6. sy sdh mencoba KA dari Xining ke Lhasa….22 jam…ketinggian sampe 5000an dpl….pala jd pening2, perut mual2, susah tidur😁😁😁…. tapi sangat menarik , pak

  7. Sandiwara mereka bak seperti film kartun kalau berkelahi saling pencet abis dipencet muncul lagi masing2 menampilkan tokoh kartunnya sebelum event besar dimulainya yaitu Edward Snowden dan Sabrinasebagai mascotnya. Bedanya Sabrina tertangkap kalau Edward Snowden masih belum ketangkap sampai saat ini hidup di Rusia.

    Sebelum Edward Snowden ditampilkan dan pelarian pertamanya di Hongkong selang berap waktu Hongkong dilanda demo besar2an, trus ke kolombia dan jatuhnya negara Venezuela akhirnya hinggap di Rusia..Edward tampil setelah kunjungan Xi Jin Ping ke US yg konon katanya membicarakan masalh serangan hacker Tiongkok ke US, sebelumnya US berteriak teriak karena Tiongkok dicurigai terus menurunkan nilai mata uangnya…yg jelas setelah beberapa tahun harga minyak terus turun yg konon katanya utk menghajar Rusia karena menyerang Crimea, Putin seperti tokoh kartun juga abis kepenyet bangkit lagi..ha ha ha, dan terangkatnya harga rumah dan pasar saham dunia, serta pembangunan infrastruktur besar2an dihampir semua negara berkembang didunia ini yg inging negaranya lebih maju, inilah skandal ekonomi terbesar pertama yg diciptakan oleh Tiongkok dan US diera ekonomi modern ini.

    Tentang peran seorang mascot kartun Sabrina akankah melanjutkan skandal ekonomi dunia yg lebih besar lagi setelah masa skandal mereka terevaluasi?..Akankah harga emas akan turun dibawah $1000 akankah nilai mata uang US akan melejit lagi? Yang jelas kedepannya US akan mengurangi ketegangan2 dunia dengan berbagai tindakan militernya menggantinya dengan kebijakan mesin2 pengendali uang dan perdagangannya negara berkembang lainnya hanya sebagai penggembira dan pengikut alur cerita yg akan mereka tontonkan.

  8. KFC akan di ganti Logonya dengan logo Putri Huawei yang cantik, Annabel Yao…menjadi HFC= Huawei Fried Chicken…….LOL…wkwkwkwkwk, Amerika kalah lagi dengan Huawei

  9. Salam ya pak untuk kekasihku yg merekomendasikan artikel ini. Aku akan baca tiap hari. Semangat dan terima kasih pak dahlan selalu menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email:likedisway@gmail.com

Follow me on Twitter
Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4,826 other subscribers

EnglishIndonesian
%d bloggers like this: