Kashoggi Sampai di Twitter Qahtani
Catatan Harian, Internasional, Terbaru

Kashoggi Sampai di Twitter Qahtani

Oleh: Dahlan Iskan

Pangeran MbS pasti akan aman. Tidak mungkin jatuh. Arab Saudi bukan negara demokrasi. Yang pemimpinnya bisa mudah dijatuhkan.

Dan lagi, tangan kanannya pasti melindunginya: Saud al Qahtani. Yang umurnya kini di puncak kejayaannya: 40 tahun.

Wartawan Kashoggi boleh meninggal. Dengan cara dibunuh. Di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Oleh 15 orang tim intelejen kerajaan. Yang terbang khusus ke Istanbul. Dengan dua pesawat jet carteran. Yang terbang dari Riyadh. Tapi kekuasaan kerajaan Arab Saudi tidak akan runtuh. Cukup ada yang mau dikorbankan. Salah satunya Saud al Qahtani itu.

Qahtani sudah dipecat. Tepatnya digeser.

Jabatannya sebagai penasehat pangeran MbS sudah dihapus. Jabatan barunya ‘cuma’ Chairman Federasi Cyber Security, Programing dan Drone. Itu jabatan lamanya dulu.

Karir Qahtani memang amat cepat. Setelah lulus dari fakultas hukum ia masuk Angkatan Udara. Pangkatnya sebenarnya masih kapten. Tapi kekuasaannya besar. Terutama tiga tahun terakhir. Setelah menjadi tangan kanan Muhamad bin Salman. Yang di Saudi lebih populer dipanggil Pangeran MbS.

Qahtani mulai dekat MbS saat pangeran itu masih menjadi gubernur ibukota Arab Saudi, Riyadh. Di kalangan wartawan senior, Qahtani dikenal sebagai Steve Banon-nya Donald Trump. Tokoh yang agresif dalam menghabisi lawan-lawan politik. Lewat media. Lewat Sosmed. Lewat pernyataan-pernyataan menyerangnya.

Qahtani bukan tokoh misterius. Bukan sosok tersembunyi. Qahtani sangat tampil ‘inilah dadaku’.

Ia punya grup WA. Salah satunya dengan para pemimpin redaksi dan tokoh-tokoh wartawan. Para Pimred bisa mengenal watak keras dan agresifnya. Hanya lewat grup WA itu saja.

Ia juga aktif di twitter. Orang-orang kritis pada pemerintah diserangnya. Di twitternya. Pernah dalam suatu medsos ia menyebut sudah punya daftar hitam. Mereka yang dianggap anti pemerintah.

]Dan …. itu pula yang mencelakakannya. Atau mencelakakan pangerannya.

Qahtani menggunakan skype. Untuk berkomunikasi dengan tim 15 orang itu. Harian terkemuka South China Morning Post bahkan menyebut ada perintah ini: ”Bawa ke saya kepala anjing itu”. Dalam pembicaraan skypenya.

Rekaman skype itulah yang kini ada di tangan Presiden Turki: Tayeb Erdogan. Ini yang membuat Arab Saudi tidak berkutik.

Semula Saudi menolak keras kejadian di konsulat itu. Berulang kali. Tanggal 2 Oktober itu Kashoggi sudah meninggalkan konsulat. Baik-baik saja.

Tapi calon istrinya tidak melihat Kashoggi keluar pintu. Hatice Cengiz menunggu di luar pagar. Sejak pukul 13.00. Dia juga yang mengantar Kashoggi ke konsulat. Untuk mengambil surat keterangan: sudah menceraikan istrinya yang dulu. Sebagai syarat untuk bisa menikah dengan wanita Turki itu. Minggu depannya.

Turki terus mengungkapkan kejadian sebenarnya di dalam konsulat. Saudi tidak berkutik: mengakui wartawan 56 tahun itu tewas. Tiga minggu kemudian.

Tapi masih ada tidak jujurnya: meninggal karena berkelahi. Belakangan diperbaiki lagi: meninggal karena tersedak. Akibat tenggorokan tercekik. Saya tidak bisa menterjemahkan arti yang pas dari kata ‘chokehold’. Yang dinyatakan sebagai penyebab kematiannya. Versi Saudi.

Yang jelas kepala Kashoggi belum ditemukan.

Keikutsertaan seorang dokter ahli forensik di ‘tim 15’ itu sempat menimbulkan spekulasi: Kashoggi dimutilasi. Potongan-potongan tubuhnya ditanam di hutan: 15 km dari konsulat.

Atau jangan-jangan sudah dibawa pulang. Setidaknya kepalanya. Seperti di zaman kekhalifahan dulu.

Kalau Pengeran MbS benar-benar selamat kali ini, itu untuk yang ketiga kalinya. Dalam dua tahun ini.

Tahun lalu Qahtani menyandera orang penting: Perdana Menteri Lebanon, Saad Al Hariri. Di Riyadh.

Lebanon sempat heboh. Perdana Menterinya hilang. Lucu sekali. Perdana menteri kok hilang. Tahu-tahu ia muncul di TV Arab Saudi: menyatakan mengundurkan diri dari jabatan perdana menteri.

Saat disandera itulah Qahtani ambil posisi penting. Ia yang ‘menangani’ Hariri. Perdana menteri dari aliran Sunni tapi dianggap tidak bisa menekan mayoritas di Lebanon: Syiah.

”Tidak ada pilihan bagi Anda. Kecuali mengundurkan diri. Dan menandatangani pernyataan ini,” ujar Qahtani. Seperti dikutip media internasional.

Hariri akhirnya bebas. Setelah Presiden Prancis, Emmanuel Macron, turun tangan. Pergi sendiri ke Riyadh.

Demikian juga ketika tahun lalu Saudi menghukum Qatar. Mengisolasinya. Memblokadenya. Sampai sekarang. Bahkan akan membuat laut pemisah. Di perbatasan dua negara.

Qatar tetap bertahan. Sampai sekarang. Qatar cukup kaya. Apalagi dua tetangganya membantu: Iran dan Turki. Dua negara yang amat dibenci Saudi.

Qahtani sendiri tidak perlu grogi. Dulu ia sering mengatakan di twitternya: ia tidak melakukan apa pun tanpa persetujuan tuannya.

Atau pernah juga mengatakan begini: Apakah Anda pikir saya membuat putusan tanpa petunjuk? Saya adalah petugas. Hanya menjalankan perintah atasan.

Memang itu tidak dalam konteks lenyapnya Kashoggi.
Itu saat ia masih sangat berkuasa.
Dan mungkin masih akan terus berkuasa.
Ia masih muda. (Dahlan Iskan)

October 24, 2018

About Author

dahlan iskan


33 COMMENTS ON THIS POST To “Kashoggi Sampai di Twitter Qahtani”

    • Iya.. kurang nonton film2 semacam James Bond, dll… difilm2 banyak pelajaran gimana cara membunuh silent yg benar.. ha.. ha.. tapi mari kita berdoa semoga kebenaran tetap yg Terdepan…
      Kalau di negara kita contoh yg mungkin dikatakan sukses… ya si Penyiram air keras Novel yg sampai sekarang gak ditemukan… dan contoh yg gak sukses, yaa… si Penembak Pengusaha Syafiuddin Kartasasmita.
      Tapi tetap saja Kebenaran harus menang dan semoga suatu saat si Penyiram air keras akan tertangkap…

  1. Dalam pemerintahan yang ekstrim, selalu ada pejabat ekstrimis di dalamnya yang menjadi biang kerok konflik-konflik. Al-Qahtani mungkin tersingkir, tapi Al- Qahtani baru akan muncul. Tergantung kemauan sang majikan.

  2. Masya Allah…
    Sekiranya sinyalemen hilangnya Kashoggi benar dgn cara seperti yg diungkapkan media massa, saya hanya bisa mengelus dada.
    Ternyata di “Negara sana”, ada juga cara menghilangkan seseorang, yg jauh dari pelajaran agama yg ada di “Negeri sana” itu.

  3. Kok gilo ya, kalau sampe bawa oleh oleh kepala musuh. Trus mau diapain, ditancep tombak di dinding istana, kayak game of throne, gitu?

  4. “Atau jangan-jangan sudah dibawa pulang. Setidaknya kepalanya. Seperti di zaman kekhalifahan dulu.” Ada yang memuja khilafah di sini. Abah bisa diserbu kelompok mereka..😥

    • Zaman Khilafah dulu zaman perang.
      Juga terjadi di tempat-tempat lainnya.
      DI Majapahit, di China, dan di hampir semua negara.
      Membawa Kepala musuh menjadi hal yang wajar pada zaman tersebut…
      Jadi sebebarnya hal yang biasa terjadi pada zaman tersebut,
      kebetulan saja pada waktu di Arab tersebut sedang berada di zaman Khilafah.
      Jadi Abah menyebutnya Zaman Khilafah, bukan kerajaan atau yang lainnya…

  5. sejak abah menulis khashoggi saya hampir setiap waktu memantau beritanya,
    pemerintah turki berhasil mempreteli dengan fakta sehingga mau tidak mau arab mengaku,
    masalahnya adalah …
    di arab saudi harusnya nyawa dibayar nyawa …
    nah ini yang lagi ditunggu selanjutnya ..
    dan dimana tubuh jamal khashoggi itu berada..
    kalo arab saudi tidak mau mempublikasikan jenazahnya, siap siap terguncyang …
    sudah ngaku membunuh tapi tidak tahu dimana dia buang,
    saran saya sebaiknya MBS diganti daripada tidak ada marwah dimata pewarta misalnya ..
    kalo amerika sih memang nia mah niat jualan karena duit, jadi agak gagu
    bagi warga yang menyanjung kerajaan seperti syurga kesejahteraan rakyatnya
    bisa malu dengan kejadian ini,
    sekali lagi apakah arab saudi maukah mempraktekan nyawa dibayar nyawa?
    apalagi jika rekaman skype sama rekaman telepon dibuka
    mendingan ngaku saja terus terang malu dipreteli negara lain buktinya
    siang tempe sore dele
    gara2 intelejen kelas kampung

    • Hah aha ha.. mana mungkin. Nyawa dibayar nyawa?

      Arab saudi bukan negara demokrasi. Istana yang buat aturan. ya tinggal diubah saja aturannya.
      Menggal kepala aja gampang. apalagi cuma “sekedar” mengubah aturan.

  6. Begitulah kalau orang sudah gila dunia. Jabatan dan kekuasaan akan dipertahankan. Apapun caranya. Babat habis semua musuhnya. Biar puas, serahkan kepala para musuh. Apapun caranya. Berapapun ongkosnya. Akal sehatnya telah hilang. Siapa yg mencurinya? Siapa lagi kalau bukan, cinta kehidupan dunia berlebih lebihan. Dan orang seperti itu akan terus ada sampai hari kiamat.

    • Di tunggu reaksi kongkrit usa yang katanya polisi dunia,yang hukumnya bisa menjangkau siapa saja,dan di mana saja,begitu uu mereka,walaupun menkeu mereka baru bertemu fihak mbs,apakah ada hubungan dengan kasus ini?,dan keluarga korban sudah pula bertemu dengan raja dan mbs sendiri,apa hasilnya?,terakhir adakah hubungan korban dengan broker senjata yang dulu juga bikin heboh dunia,maklum ada kesamaan nama belakang.

  7. Di tunggu reaksi kongkrit usa yang katanya polisi dunia,yang hukumnya bisa menjangkau siapa saja,dan di mana saja,begitu uu mereka,walaupun menkeu mereka baru bertemu fihak mbs,apakah ada hubungan dengan kasus ini?,dan keluarga korban sudah pula bertemu dengan raja dan mbs sendiri,apa hasilnya?,terakhir adakah hubungan korban dengan broker senjata yang dulu juga bikin heboh dunia,maklum ada kesamaan nama belakang.

  8. Apakah anda pikir saya membuat putusan tanpa petunjuk? Saya adalah petugas. Hanya menjalankan perintah atasan.

    Di sini juga ada petugas….

  9. “Hanya menjalankan perintah atasan”…..Intelijen Mbs seperti robot saja, bergerak berdasarkan perintah, seharusnya berguru dulu pada Intelijen Orde Baru, bisa bergerak sendiri tanpa perintah atasan…..robot otomastis, bisa sulapan melenyapkan siapa saja sampai tuntas dan tidak ada yang tahu……seperti lenyapnya Wiji Tukul sampai sekarang tidak berbekas sama sekali…..tukang sulapnya sangat hebat

  10. Sdh tiga nama Kashoggi yg hidupnya penuh kontroversial dan tragis..Adnan Kashoggi broker senjata yg akhirnya juga masuk penjara, Kashoggi yg pacaran sama lady Diana akhirnya juga meninggal kecelakaan..yg terakhir Jamal Kashoggi yg diberitakan dan diakui oleh Arab Saudi jika terbunuh di konsulat Arab Saudi di Turki.

  11. “Membunuh orang itu ada kamu ndak bisa. ada hukumnya. jangankan membunuh. menyakiti perasaannya saja.kamu ndak bisa. kecuali karena alasan alasan politik misalnya” kalau raksasa makan manusia. itu memang makomnya. baru kalau raksasa melarikan istri orang. itu baru ada hukumnya. jadi ingat “Raksasa” Putu Wijaya.

  12. 1. Ada yg misteri di drama yg menyita hampir separuh jam siaran2 CNN, BBC, Aljazeera, TRT dn banyan saluran internasional lainnya. Yaitu Skenario bhw Khashoggi sdh keluar dari konsulat. Mereka sdh siapkan orngnya, wajah dan perawakan mirip, juga pakai jas dan baju milik Khashoggi dn keluar dari pintu belakang kantor konjen. Ada cctv. Apakah Arab ragu bhw penyamaran ini mudah ditebak karena beda sepatu dan rambut? Atau sdh terlanjur semua rahasia pembantaian Khashoggi sdh di tangan Turki?
    2. Khawatir nyawa harus dibayar nyawa, Raja Arab dan Sang Pangeran sdh mengundang keluarga Khashoggi yg diwakili dua puteranya yg tak sedikitpun senyum saat menjabat tangan Raja dn pangeran. Upaya utk membungkam keluarga Khashoggi entah berhasil entah tidak.
    3. Nasib sang pangeran sangat tergantung dari bola panas yg terus digulir. Eropa sdh menyiapkan skenario agar MBS digeser dan diganti Nayef yg lebih bisa diterima dunia internasional. Terlalu mahal resiko Arab Saudi mempertahankan sang pangeran berkepribadian ganda; kadang modernis tapi tak jarang bengis!

    Berhasilkah, atau sang pangeran dgn segala kecerdasan dn kelicikannya tetap aman di singgasana sambil menunggu sikap terjangnya yg akan jauh melebihi Kim Jong Un saat masih suka menggertak Amerika dulu.

  13. MbS itu muslim liberal kabarnya. Mungkin karena pergaulan internasional. Keluarga kerajaan Arab Saudi itu rata-rata hobi bermegah-megah, sangat JAUH dari keteladanan Rasulullah SAW. Ingat, pada awalnya kota Mekah dan Madinah bukan bagian dari mereka. Sejak Arab Saudi berdiri saja mereka ‘ambil alih’ dan mengaku sebagai penjaga dua kota suci tersebut. Gak heran juga Iran menentangnya hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email:likedisway@gmail.com

Follow me on Twitter
Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,941 other subscribers

EnglishIndonesian
%d bloggers like this: