Duo Cantik Huawei
Catatan Harian, Humaniora, Terbaru

Duo Cantik Huawei

Oleh: Dahlan Iskan

Sebulan terakhir ini pohon tinggi Huawei terus jadi berita besar. Terutama dua anak perempuan pendirinya. Yang dari beda ibu.

Direktur keuangannya ditangkap di Canada: Sabrina Meng Wanzhou. Cantik. Umur 46 tahun. Pada 1 Desember lalu.

Sabrina tidak terlibat kesalahan apa pun. Perusahaannyalah yang dicurigai Amerika. Dianggap melanggar sanksi yang dikenakan kepada Iran.

Huawei dianggap punya hubungan dagang dengan negara Islam itu.

Hari itu Sabrina lagi dalam penerbangan. Transit di Vancouver, kota terbesar di Canada bagian barat.

Polisi menangkapnya di bandara. Atas permintaan Amerika. Yang melacak transaksi itu lewat HSBC bank.

Jumat kemarin adalah putusan pengadilan sementara: apakah penahanan Sabrina bisa ditangguhkan. Dengan uang jaminan.

Bulan lalu, adik tiri Sabrina juga jadi berita besar. Namanya Annabel Yao. Umur 21 tahun. Rasanya lebih cantik dari kakak tirinya itu. Sangat cantik.

Kalau tidak cantik tidak akan ditangkap. Oleh sebuah EO di Paris. Agar Annabel mau ikut acara besar itu.

Annabel pun ditangkap lagi. Ditangkap kamera. Sedang ikut pesta di Paris itu. Bukan sembarang pesta. Itulah salah satu dari 10 pesta terwah di dunia.

Nama pestanya: Le Bal des Debutantes. Pesta tahunan. Tiap bulan Nopember.

Pesertanya sangat terbatas. Hanya 30 orang. Maksimal. Hanya yang diundang. Tidak bisa dibeli tiketnya.

Yang diundang itu pun sangat ketat. Persyaratannya. Harus cantik. Harus masih kinyis-kinyis. Belum kawin. Harus anak orang kaya raya. Harus modis. Harus pandai dansa waltz. Harus cerdas melebihi kecerdasan orang pintar.

Annabel terpilih. Ia memenuhi semua syarat itu. Umurnya 21 tahun. Binal-binalnya. Kalau mau. Bapaknya salah satu orang terkaya di dunia: pendiri Huawei: Ren Zhengfei.

Kuliahnya di Harvard. Gile. Jurusannya: computer science. Gile.

Kecantikannya: saya tidak tahan. Lihat sendirilah fotonya. Di IG dahlaniskan19. Yang saya kutip dari media internasional.

Dua anak sukses ini agak beda dengan umumnya anak Tionghoa. Yang selalu membawa nama marga bapaknya.

Mereka tidak. Tidak mencantumkan marga Ren di belakang nama mereka.
Sabrina menggunakan nama belakang Meng. Annabel menggunakan nama belakang Yao.

Padahal marga bapaknya jelas: Ren. Konon itu kesepakatan keluarga. Agar tidak bikin ruwet. Akibat poligami.

Marga Meng di belakang nama Sabrina diambil dari nama ibunya: Meng Jun.

Marga Yao di belakang nama Annabel diambil dari nama ibunya: Yao Ling. Istri kedua Ren.

Konon masih ada satu istri lagi. Yang ketiga. Yang terbaru. Yang termuda. Yang masih imut-imut: generasi melineal. Yang kemarin-kemarin adalah sekretarisnya.

Dalam hal penangkapan Sabrina, pemerintah Tiongkok turun tangan. Protes keras. Ke Amerika. Dan ke Canada.

Penangkapan itu terjadi 1 Desember. Tepatlah: hari itu Presiden Donald Trump lagi di Argentina. Bertemu Presiden Xi Jinping. Untuk makan malam. Tepatnya: merundingkan perang dagang antar kedua negara.

Demikian juga Annabel. Yang ikut pesta di Le Bal. Bapaknya mendukung penuh. Bahkan ikut hadir di acara itu. Memang syaratnya begitu. Sang ayah harus berdansa dulu dengan putrinya. Lalu menyerahkan putrinya ke partner dansanya. Partner profesional. Yang disiapkan panitia. Untuk menguji kejagoan dansa sang putri.

Annabel sudah dikursuskan balet sejak umur lima tahun. Saat pindah ke Oxford pun Annabel terus menari. Dia juga ambil pelajaran dansa profesional di Washington DC. Juga di Orlando.

Tari balet seperti Swan Lake, Sleeping Beauty atau La Bayadere dikuasainya.

Annabel tujuh tahun di sekolah balet profesional. Di Jin Bao Long. Di Shanghai.

Tapi Ren Zhengfei istimewa bukan karena istri-istri dan anak-anaknya itu. Ia memang sangat cerdas. Sangat sehat. Sangat kuat. Di umurnya yang 74 tahun.

Anda pun sudah tahu siapa pendiri Huawei itu: lahir di daerah termiskin Tiongkok. Guizhou. Masuk tentara. Tanpa pangkat. Di bagian teknologi kemiliteran.

Berhenti dari tentara lantas mendirikan Huawei. Kini menjadi produsen handphone terbesar di dunia: mengalahkan Ericsson di tahun 2012. Mengalahkan IPhone di tahun 2017. Tinggal mengalahkan Samsung di atasnya. Dengan senjata P20-nya. Dan 5G. Amerika yang akan jadi penghadangnya.(dahlan iskan)

December 8, 2018

About Author

dahlan iskan


20 COMMENTS ON THIS POST To “Duo Cantik Huawei”

  1. “Tinggal mengalahkan Samsung di atasnya. Dengan senjata P-20 nya. Dan 5G. Amerika yang akan jadi penghadangnya.”

    Kemajuan Tiongkok memang luar biasa. Termasuk dalam pemasaran handphone. Huawei akan mengejar Samsung. Dalam market share penjualan handphone.

    Tapi, Amerika masih memegang satu kartu truf. Chip handphone. Entahlah bagaimana situasinya. Ketika Tiongkok sudah berhasil membuat chip handphone. Secara mandiri.

    Semoga negeri Nisa Sabyan, tidak hanya menjadi penonton. Aamiin. Semoga.

    Sukses selalu untuk Pak Dahlan. Juga untuk para peminat disway.

  2. Yang menarik:
    – Ditangkap hari Sabtu, diumumkannya baru hari Rabu.
    – Yang ditangkap CFO-nya yang kebetulan anak pendiri Huawei.
    – Ditangkapnyapun di kanada.

    Negara yang satu itu benar-benar melakukan segalanya untuk menghambat laju China.

    Mereka terlalu angkuh untuk menjaga posisinya sebagai (hanya) satu-satunya negara superpower di dunia, tak mau diimbangi oleh negara lain apalagi tergantikan.

    Dulu kalau tidak salah, pak Chairul Tanjung pernah mengatakan masa depan dunia ada di China bukan Amerika. Beliau juga pernah mengatakan (2014), Yuan secara sedikit demi sedikit dalam 10-20 tahun akan menggantikan Dollar. Sepertinya beliau (mulai) benar…

  3. Seandainya tiongkok,atau negara manapun,atau siapapun memang bersalah sekalipun,tetap saja tdk nyaman melihat gaya koboy polisi dunia yg se enak udelnya,sungguh kurang adil rasanya kalau ada negara yg merasa paling benar sendiri,yg lain harus ikut atau di habisi dgn cara apapun,kok blm ada yg mengimbangi ya?,bahkan soviet zaman dahulupun bisa dihancurkan.hati hati tiongkok,kalau anda sampai di sovietkan,dampaknya jauh lebih dahsyat,karena jumlah anda lebih banyak(milyaran),dan anda banyak menguasai ekonomi dan industri dunia,benar benar koboy binal,gile.

  4. Leres pak Dahlan…ayu saestu..elok tenan…kok panjenengan pirsa bab ingkah wadi..edi..peni…dansah namung 30 widadari …bapaknya ikut lagi..elok tenan

  5. Huawei memang jos. Mengapa bisa begitu. Karena punya cara yg sederhana. Dalam memajukan usahanya. Apa cara sederhana itu? Saya menemui jawabannya setelah membaca ulasan tentang huawei. Hanya sebuah kata. Ya cuma 1 kata. Ingin tahu? Jawabannya yaitu riset. Kononnya, sebagian besar karyawan huawei bekerja di bagian riset. Salàh satu riset yg apik banget yaitu riset di bagian marketing. Mengapa apik banget? Gambarannya begini. Perusahaan yang tidak punya uang. Atau punya sedikit uang. Bisa beli perangkat huawei. Huawei akan memberi solusinya. Cara bayarnya. Cara dapat uangnya untuk bayar. Dengan cara itu, banyak pelanggan pada beralih ke huawei. Selanjutnya bisa ditebak. Apa yg terjadi? Produsen lainnya pada lari kayak siemens, nokia dan motorola. Maka berkibarlah bendera huawei….dan kita sendiri sekarang menyaksikan pihak pihak lain pada iri hati terhadap kemajuan huawei. Salah satu yg iri hati, mungkin kita sendiri he he he…..

  6. Wah…Huawei, Smartphone 5G pertama di Dunia….melawan Motorola Z3 dan MOD 5G, di 2020…masih jauh, masih modul….tapi Huawei sudah ngongol duluan…..USA kalah telak lagi dengan Kungfu Panda……

  7. Huawei sebelum bikin hape sdh menyiksa dan meruntuhkan Cisco , perusahaan hardware jaringan terbesar di dunia asli Amerika 😅
    Harga Cisco yg super duper mahal tapi dibutuhkan semua raksasa IT , dipangkas jadi 1/3 oleh Huawei .
    Gimana amerika dan Cisco gak sakit hati 😅

    • Bisa saja ini jadi blessing in disguise, kedua putri yang jadi perhatian DUNIA tak lain sekaligus MEMBOOSTER nama dan APA yang HUAWEI bisa tawarkan lebih dari semua kompetitornya, … di Jagad saat ini !
      Hm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email:likedisway@gmail.com

Follow me on Twitter
Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 4,212 other subscribers

EnglishIndonesian
%d bloggers like this: