Travel

Indah Kumuh
Travel
18 December 2019
Setelah ke Kuil Hanoman saya ke masjid. Masih di kota suci Hindu Varanasi, negara bagian Uttar Pradesh. Saya ingin tahu kehidupan minoritas Islam di pusatnya Hindu ini. Terutama di saat Hinduism lagi pasang naik secara drastis sepuluh tahun terakhir.
Tawaf Terbalik
Travel
16 December 2019
Bajaj menuju Kuil Hanoman ini pun bergambar Hanoman --di kaca depannya. Saat Bajaj masuk ke jalan menuju Kuil Hanoman terlihat tenda usang di depan sana. Dengan meja kusam di bawahnya.
Hanoman Ngerock
Travel
13 December 2019
Tapi saya ke Varanasi tidak untuk kabel. Saya mau ke Kuil Hanoman. Yang di antara Kuil Hanoman seluruh India yang di Varanasi inilah yang dianggap paling tinggi.
Gangga Risma
Travel
12 December 2019
Itu jam 05.00 pagi. Di luar masih gelap. Dari kamar hotel terdengar alunan suara dari pengeras suara. Saya sudah bangun satu jam sebelumnya. Jangan sampai telat: ikut sembahyang subuh umat Hindu. Di tempat yang dianggap paling suci: Sungai Gangga.
Koridor Silam
Travel
09 December 2019
Saya sempat ke perbatasan itu. Memotret makam Guru Nanak dari balik pagar perbatasan. Sambil melihat koridor yang baru dibangun. Itulah koridor ke masa lalu --ke 500 tahun silam.
Subuh Sikh
Travel
08 December 2019
Beduk dipukul bertalu-talu. Tepat jam 5 pagi. Cuaca masih gelap di Kota Amritsar, negara bagian Punjab, India. Seperti di kampung saya, tabuhan beduk itu pertanda akan dimulainya salat subuh. Tapi suara beduk ini tidak datang dari masjid. beduk itu ada di dalam gurdwara --masjidnya agama Sikh. Yang benduknya begitu mirip dengan masjid.
Hanoman Sikh
Travel
07 December 2019
Saya terkecoh. Salah sangka.  Awalnya saya terheran-heran. Begitu banyak masjid di Punjab, India ini. Terlihat dari menara-menara tingginya. Dan kubah-kubahnya. Seperti lagi mengendarai mobil di Lombok saja. Sebentar-sebentar melihat bangunan masjid.
Malu G-Land
Travel
26 November 2019
Bahkan sudah ada kafe yang terbesar di Indonesia --1,5 hektar. Saya diminta menghadiri peresmiannya: Sabtu sore lalu. Di tengah kota Banyuwangi. Namanya Hedon Cafe. Juga sudah ada kuliner unik minggu pagi: di Desa Kemiren. Di pinggiran Kota Banyuwangi. Saya juga ke desa itu untuk makan pecel pitek --pecel ayam. Sedap sekali.
Bawah Pohon
Travel
21 November 2019
Itulah memang rencana rahasia saya: akan mengajak Robert Lai turun di stasiun Lanzhou. Lalu bermalam di ibu kota Provinsi Gansu itu satu malam. Besoknya baru naik pesawat ke Hangzhou.

HARIAN DISWAY
MAIN MEDIA
VIDEO
Redaksi About Us Pedoman Media Siber Berlangganan