Boleh Berapa pun Asal Stabil
Catatan Harian, Ekonomi, Terbaru

Boleh Berapa pun Asal Stabil

Oleh: Dahlan Iskan

Sebenarnya harga dolar boleh berapa saja. Asal stabil. Agar pengusaha bisa melakukan bisnisnya. Bisa bertransaksi. Menggerakkan ekonomi. Paling-paling kita malu: kok rupiah ini nolnya banyak sekali.

Dengan melonjaknya dolar sekarang ini pengusaha pilih waspada. Lihat-lihat: kapan stabilnya. Lalu bertransaksi. Jangankan Rp 15.000/USD. Berapa pun gak masalah. Asal itu tadi: stabil. Stabil tinggi tidak masalah. Stabil rendah tidak masalah.

Nunggu stabil itulah masalahnya. Berapa lama.

Kini perusahaan harus punya banyak skenario. Diperlukan asumsi-asumsi. Kira-kira dolar akan stabil di angka berapa. Dan kapan.

Beberapa asumsi tidak terlalu mengkhawatirkan. Bank-bank kita sudah jauh lebih kuat. Sejak ada krisis 1998. Lebih kuat lagi sejak krisis global 2008.

Perbankan sudah punya dana khusus. Dan sistem mapan. Untuk menyelamatkan dirinya. Tanpa bail out dari dana pemerintah.

Pengusaha juga sudah lebih kuat. Sudah biasa membayar gaji karyawan dengan UMR tinggi. Kenaikan UMR dalam 10 tahun terakhir luar biasa. Sudah lebih tinggi dari kenaikan dolar.

Ini berarti daya beli masyarakat tidak terlalu lemah. Meski tentu saja turun.

Memang perusahaan yang punya utang dolar sangat susah. Apalagi pendapatannya rupiah. Seperti Garuda. Atau Lion.

Entah siapa yang lebih cerdik di antara keduanya. Misalnya dalam melakukan hedging. Terhadap utang dolarnya. Saat beli-beli pesawat dulu.

Hitungan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga akan berubah. Mungkin perlu kalkulator merk baru.

Setiap krisis ada yang jatuh. Ada pula yang justru moncer. Pengusaha coklat paling top di tahun 1998. Chairul Tanjung justru jadi konglomerat setelah itu.

Memang ada kiat ‘menyalip di tikungan’. Tidak semua orang bisa melakukan. Hanya pembalap andal jagonya.

Setiap krisis berarti seleksi. Ada  yang lulus. Ada yang gagal.

Kalau tahun 1988 Malaysia termasuk yang lulus, kali ini berat sekali. Mahathir lulus saat itu. Kini Mahathir kembali di kursi perdana menteri. Ujian berat untuk manusia 93 tahun itu.

Yang kita tunggu sekarang adalah gambaran dari pemegang kebijakan: berapa lama lagi rupiah kita akan stabil. Di kisaran angka berapa. Asumsinya apa saja.

Sudah agak lama saya tidak mendengar di mana Menko Perekonomian kita: Darmin Nasution. Sakit? Atau hanya kalah populer dengan Menko-menko lainnya?

Alhamdulillah…kabar terakhir yang saya dengar beliau baik-baik saja. Segar bugar. Bahkan sangat menikmati anggreknya. (dahlan iskan)

September 5, 2018

About Author

dahlan iskan


29 COMMENTS ON THIS POST To “Boleh Berapa pun Asal Stabil”

  1. Setuju banget Bah… Sama BI kita dilarang transaksi pakai usd, giliran transaksi pakai rupiah, dollarnya melambung. Kebetulan saya usaha tour & travel cuman masih kencang di outbond, dengan kondisi ini kayaknya harus benar-benar genjot inbound 🙁

  2. Selama jadi bangsa impor ya susah. Padahal banyak produk yg seharusnya malah bisa di ekspor.
    Benar sekali, yang penting stabil berapapun harga dolar. Saya ingat orang Tarakan yg selalu ekspor undang selalu gembira, bila dolar naik…

  3. “Bahkan sangat menikmati anggreknya”, Bapak kehilangan eh ternyata yang dirindukan lagi menikmati bunga. Ahhh bunga ? hihihi

  4. Sama dg pak Dahlan, kemana ini menko perekonomian. Udah dari bbrp bulan yg lalu bertanya2. Menko perekonomian-Menkeu-Gub BI hari2 ini harusnya sangat sibuk live monitoring perbankan

  5. Semoga tema gonjang ganjing rupiah vs usd ini di bahas terus sampe beres pilpres.
    Sekaligus tips Dan trik supaya bisa “menyalip di tikungan”.
    Matur suwun

  6. Stabil itu bukannya akronim dari statis dan labil…. ?! Kadang tetap kadang berubah (seperti yang biasa kita alami..he..he…)

  7. Abah…
    Usaha ayam petelur di Magetan ujung kulon dah mulai goyang via valen..
    Jagung langka sentratpun naik pula..

  8. Saya juga bertani sengon. sama tanaman langka lainnya. kemarin beli bibit kluwek. mau saya bayar pakai dollar. tapi tidak punya. di dompet cuma rupiah. bibit bibit pada turun. I don’t care abaut dollar.

  9. dear abah salam balik kata pak darmin hahahahaha

    pak darmin sibuk melihat monitor pergerakan rupiah, selanjutnya koordinasi dengan BI untuk intervensi dalam bentuk beli SUN biar dolar stabil meski BI termehek2

    september sama desember memang masa amerika menentukan APBN mereka dan menarik dolar sebanyak2 nya,
    jadi kalo mau bermain syantiq kaya siti badriah
    beli dolar februari, lepas september atau desember … mayoritas untung banyak heuuu

  10. Kita yg bergerak dibidang interrior udah megap2 duluan bah….klo tdk segera stabil hari2 kami hnya akan menikmati anggrek aja siang dn mlm…😭😭

  11. Alhamdulillah pak, setidaknya harga harga kebutuhan pokok masyarakat sangat stabil (stabil naiknya) tapi apapun yang terjadi, yang penting badan kita sehat dan bisa bernafas gratis, salam roket!!

  12. Tiga hari ini kita disuguhi ulasan cerdas “BAPAK EKONOMI” lulusan Magetan. Di paragraf terakhir beliau sudah mulai masuk ke kebun anggrek. Lanjutan hari-hari berikutnya pasti akan lebih seru. Kita tungggu… Love you so much abah…

  13. Alhamdulillah, Abah sangat peduli dengan negeri dan bisa membuat adem pikiran bagi banyak rakyat paling tidak yang membaca disway. Dari ujian negeri ini, akan terlihat mana yang cinta betul atau hanya bohongan, alangkah baiknya bila Abah membuat banyak rakyat akan lebih cinta negeri dari pada hanya cinta diri, kesempatan ini sebenarnya dapat dipergunakan untuk momentum akan terlihat cinta bener atau cinta bohongan pada negeri

  14. Salam sehat Abah Dis…
    Barusan baca berita di CNN Indonesia, bahwa Abah masuk ke politik lagi sebagai anggota Timses Jokowi-MA. Semoga salah (maaf). Saya tahu itu hak Abah, walau sebenarnya kalo keinginan hati agar Abah jadi negarawan saja. Jadi tidak ke kanan atau kiri. Padahal saya sudah bahagia selama ini, setelah pensiun dari Menteri, abah netral dalam politik. Salam sehat Abah Disway…

  15. Kalau ingin dolar stabil, pakai sistem fix exchange rate. Masalahnya, berani tidak rezim saat ini melakukan itu…

  16. Disway sarapan bergizi tinggi untuk hidup tetap hepi. Saya suka frase ‘kalah populer dengan Menko Menko lain…’

  17. Kalau ingin dolar stabil dan nilainya lebih rendah daripada sekarang, harus ada pemimpin kuat yang mampu membalik keadaan. Jika tidak, rupiah akan terus, terus, dan terus merosot…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Email:likedisway@gmail.com

Follow me on Twitter
Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,536 other subscribers

EnglishIndonesian
%d bloggers like this: